Ini Modal Pemulihan Ekonomi Indonesia, Menperin Agus Gumiwang: Cukup Kuat

- 3 Januari 2021, 19:25 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita /Foto: Dokumentasi Humas Setkab


WARTA SAMBAS - Kendati ramai yang memprediksikan perekonomian Indonesia akan memburuk pada 2021, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita tetap optimis membaik, lantaran Indonesia mempunyai modal yang cukup kuat.

"Modal yang cukup kuat yang dimiliki oleh Indonesia adalah terkait dengan upaya pemulihan ekonomi,” ujar Menperin Agus Gumiwang, seperti diberitakan JakpusNews.com dalam artikel berjudul "Menperin: 2021 Modal Pemulihan Ekonomi Indonesia Cukup Kuat", Minggu 3 Januari 2021.

Agus Gumiwang mengungkapkan, pemulihan ekonomi sudah dapat dilihat, misalnya dari aktivitas manufaktur di negara-negara maju dan berkembang, yang menunjukkan pada fase ekspansif.

Baca Juga: Rocky Gerung Prediksi Kekerasan Meningkat di 2021, Ini Tanda-tandanya...

Geliat manufaktur juga terjadi di Indonesia yang terdorong dari peningkatan diferensiasi industri. "Sektor bisnis ini mengindikasikan adanya optimisme pelaku ekonomi terhadap kondisi perekonomian ke depan,” jelas Agus Gumiwang.

Sebagai langkah mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah juga akan mendukung kebijakan untuk pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Tak hanya itu, pemerintah akan melakukan penyusunan Daftar Prioritas Investasi (DPI) serta pemesanan dan pengelola investasi atau LPI,” tutur Agus Gumiwang.

Baca Juga: Ketua DPD LaNyalla Minta Kaji Ulang Seleksi CASN 2021, Ini Alasannya…

Sedangkan untuk pengungkit pertumbuhan ekonomi lainnya, lanjut dia, program ketahanan pangan, pengembangan kawasan industri, mandatori B30, dan program padat Karya. Tentu yang tidak kalah penting adalah program pengembangan ekonomi digital.

Agus Gumiwang menyatakan optimismenya dalam memanfaatkan peluang-peluang pemulihan ekonomi tersebut, didasari dengan strategi pemulihan ekonomi kebijakan dan program yang telah disusun oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Jakpus News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x