Masyarakat Dapat Melakukan Cek Daftar Penerima Bansos Sembako Secara Online

- 8 Maret 2021, 07:30 WIB
Bansos Sembako atau Kartu Sembako cair bulan ini, berikut cara cek penerimanya.
Bansos Sembako atau Kartu Sembako cair bulan ini, berikut cara cek penerimanya. //tangkap layar instagram.com/ @kemensosri/


WARTA SAMBAS - Pemerintah Jokowi melalui Kementerian Sosial menyalurkan Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bansos Sembako akan menerima Rp 200 ribu setiap bulan selama satu tahun.

Bantuan tersebut kembali disalurkan kepada masyarakat yang memenuhi kriteria. Simak cara cek daftar penerimanya melalui artikel ini.

Program bansos sembako ini diberikan kepada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi terendah di daerah sesuai pagu yang ditetapkan dan telah masuk dalam Daftar Penerima Manfaat (DPM) Bansos Sembako yang bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Pemilik Suara Sah Partai Demokrat Kalimantan Barat Bergerak Melawan KLB Moeldoko

Sebagaimana diberitakan beritadiy.pikiran-rakyat.com dalam artikel "Cek Daftar Penerima Bansos Sembako Rp200 Ribu per Bulan melalui Aplikasi Ini", Jumat 26 Februari 2021, tujuan dari bansos sembako ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan pangan dan memberikan gizi yang seimbang pada KPM, meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas dan administrasi. Terakhir adalah untuk memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Masyarakat dapat melakukan cek daftar penerima melalui laman dtks.kemensos.go.id secara online.
Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program bantuan sosial (bansos) sebagai perlindungan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, sesuai alokasi yang ada di bawah kementeriannya, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan tiga program untuk membantu masyarakat yang terkena pandemi Covid-19. Ketiga program tersebut yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan bansos tunai.

Risma memerinci, untuk PKH akan diberikan kepada 10 juta keluarga dengan anggaran Rp 28,7 triliun. Kemudian, kartu sembako dengan target penerima sebanyak 18,8 juta keluarga dengan anggaran Rp 45,12 triliun. Terakhir, program bansos tunai untuk target penerima 10 juta keluarga dengan anggaran Rp 12 triliun. Ketiga program itu mencakup 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Bocoran The Penthouse 2 Episode 7: Shim Su Ryeon Muncul untuk Balas Dendam?

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah