Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online, Akademisi: Ini Peluang Kembangkan Usaha Tanpa Lapak

- 27 April 2021, 23:41 WIB
Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online, Akademisi: Ini Peluang Kembangkan Usaha Tanpa Lapak
Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online, Akademisi: Ini Peluang Kembangkan Usaha Tanpa Lapak /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

WARTA SAMBAS – Selama masa pandemi global Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat lebih banyak berbelanja secara online atau melalui online shop. Ini merupakan peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha tanpa lapak.

“Pelaku UMKM bisa menggunakan layanan aplikasi online shop dengan menjual barang dagangannya di sana tanpa lapak langsung, misalnya Shoope, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya," kata Girang Permata Gusti, Akademisi Manajemen Keuangan STIE Boedi Oetomo Pontianak, seperti dikutip WartaSambasRaya.com dari ANTARA, Selasa 27 April 2021.

Menurut Girang, bagi pedagang yang baru ingin memulai usahanya, banyak referensi usaha yang perlu dipertimbangkan sesuai budget atau dana yang dimiliki. "Misalnya saja usaha masker kain, makanan siap saji atau beku, bisnis online, kopi literan, bahkan content writer,” katanya.

Semuanya bisa memenjadi usaha, jika mau berusaha sesuai dengan dana yang ada. “Bahkan jika ingin menjadi penulis konten saja yang hanya membuat tulisan kemudian dipublikasi pun perlu ada niat dan usaha kan," kata Girang.

Baca Juga: Berikut Jadwal Pendaftaran Online dan Unggah Dokumen Seleksi Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan usaha di tengah pandemi global Covid-19 ini, kata Girang, yakni terkait layanan pembayaran. "Masyarakat sekarang sudah malas keluar rumah, mereka inginnya barang langsung datang ke rumah termasuk juga proses pembayaran lebih banyak menggunakan M-Banking atau aplikasi yang mempermudah pembayaran tanpa harus keluar rumah,” ungkapnya.

Para pelaku usaha harus menangkap hal ini, misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir android Pawoon, Moka, Post, Qasir, dan Kasir Pintar

Girang berharap kegiatan tersebut bisa membantu pelaku usaha atau pun yang baru memulai usaha dalam bersaing di tengah pandemi Covid-19. “Saya yakin pelaku UMKM itu bisa bertahan dan melalui fase- fase sulit ini,” ucapnya.***

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x