Pelaku UMKM di Pontianak Capai 60 Ribuan, Wali Kota Edi Rusdi Kamtono 'Colek' Pengusaha Skala Besar

- 28 Oktober 2021, 21:34 WIB
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap pengusaha skala besar dapat menghimpun produk-produk UMKM yang sangat beragam./Foto: kue kelepon
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap pengusaha skala besar dapat menghimpun produk-produk UMKM yang sangat beragam./Foto: kue kelepon /Instagram/@koh_aming/

WARTA SAMBAS - Hingga kini tercatat 60 ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Dari total pelaku UMKM di Kota Pontianak tersebut, 70 persen di antaranya bergerak di bidang kuliner. Tidak dapat dibayangkan ragam produknya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak pun 'colek' para pengusaha skala besar terkait potensi dari produk pelaku UMKM ini.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berharap, pengusaha skala besar dapat mengimpun produk UMKM untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Ini 5 Kuliner Paling Enak di Singkawang

"Misalnya (dengan membuka) Pusat Oleh-oleh Pontianak yang berskala besar," kata Edi Rusdi Kamtono, seperti dikutip WARTA SAMBAS dari ANTARA, Kamis 28 Oktober 2021.

Pengusaha skala besar yang menghimpun produk-produk UMKM di Kota Pontianak, menurut Edi, bukan mustahil bisa melakukan ekspor besar-besaran.

Produk-produk UMKM yang dikemas secara menarik sesuai standar internasional, tentunya sangat potensial mendunia.

Menurut Edi, hal itu akan terwujud bila pelaku UMKM mendapatkan permodalan yang memadai, akses yang terbuka, pengetahuan hingga jaringan pemasaran.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x