Desainer Produk asal Jepang Ini Ciptakan Skuter Listrik Terbuat dari Sampah Botol Plastik

- 29 Februari 2024, 16:08 WIB
Ilustrasi skuter listrik
Ilustrasi skuter listrik /

WARTA SAMBAS - Manusia modern memang sudah seharusnya menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian alam, salah satunya adalah mengurangi sampah plastik.

Sudah banyak cara dilakukan untuk mendaur ulang sampah plastik mulai dari kantong kresek, alat rumah tangga sampai kebutuhan lebih besar menjadi barang yang berguna, tidak lagi berhenti menumpuk jadi sampah.

Salah satu cara mendaur ulang adalah dengan memanfaatkan sampah plastik botol rumah tangga. Di tangan dingin dan ide cerdasnya Naoto Fukasawa, desainer produk asal Jepang ini berhasil membuat sebuah motor skuter listrik. Ya, motor pada umumnya sudah banyak mengandung unsur plastik tapi ini dari jenis yang berbeda.

Baca Juga: Kebun Binatang Hologram Pertama di Dunia Ini Bisa Bikin Kamu Takjub

Naoto Fukasawa dan teamnya (MUJI, Gogoro) yang berpengalaman meminta kepada warga sekitar atau masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk mengumpulkan botol bekas di penampungannya.

Hasilnya menggembirakan, banyak botol berhasil dikumpulkan terutama botol berjenis Polypropylene karena tidak berbau kuat, fleksibel, mudah dibentuk, tahan lama dan tidak terlalu sensitif terhadap perubahan suhu dan cairan kimia.

Setelah botol berjenis Polypropylene ini mereka kumpulkan mulailah dilakukan langkah pemotongan, peleburan hingga proses pembentukan rangka dan bodynya sesuai konsep desain yang diinginkan. Pada akhirnya lahirlah skuter listrik bernama Gogoro VIVA ME dan Gogoro VIVA MIX ME pertama di dunia yang terbuat dari limbah plastik rumah tangga.

Baca Juga: Rekonstruksi Kematian Dante, Polisi: Tersangka Yudha Tak Akui Adegan ke-13

Gogoro VIVA MIX ME adalah versi baru dari Gogoro VIVA ME yang menyediakan ruang penyimpanan bagasi ekstra besar 26,5 liter dan ruang pijakan kaki luas. Secara teknis, skuter ini merupakan tiruan dari Gogoro 3 Premium dengan motor listrik 6.000 watt dan sistem penggerak sabuk.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah