Kecepatannya Bikin Geleng Kepala, Inilah Mobil Listrik Tercepat di Dunia

- 22 Maret 2024, 03:54 WIB
Ilustrasi Mobil Listrik
Ilustrasi Mobil Listrik /Pixabay //

WARTA SAMBAS - Perkembangan mobil listrik kian hari semakin maju. Rasanya belum lama dunia otomotif mengenal kendaraan listrik. Namun, baru beberapa tahun belakangan ini lah perusahaan otomotif mulai fokus mengembangkannya.

Memang banyak kelebihan yang didapatkan ketika berkendara dengan kendaraan listrik. Karena tidak menggunakan mesin internal combustion dan bahan bakar minyak, otomatis akselerasi mobil jadi lebih spontan disertai dengan kenyamanan karena nyaris tanpa suara mesin seperti pada mesin bahan bakar bensin.

Meski masih dalam tahap pengembangan terutama pada segi penyimpanan dan daya tahan baterai, sebuah pencapaian yang menggembirakan baru saja terjadi yaitu mobil listrik mampu melesat 0-100 km/jam kurang dari 1 detik!

Baca Juga: Ayo Simak Spesifikasi Motor All New NMax 155 Connected yang Diluncurkan Yamaha Empat Tahun Silam

Pertanyaan yang pertama kali keluar dalam pikiran kita pasti, "Seberapa besar daya simpan baterainya dan berapa tenaga yang dikeluarkan pada kecepatan setinggi itu?" Faktor pertama yang mendukung pencapaian ini adalah bobot dari mobil tersebut karena tidak lagi terdapat mesin konvensional. Tapi bagaimana dengan bobot baterainya?

Dua pertanyaan itu terjawab dalam sebuah video di kanal YouTube ETH Zurich. Kate Maggetti, sang pengemudi dengan sangat percaya diri melesat dari 0-100 km/jam (0-62 mph) dalam waktu yang mencengangkan dan menyentuh garis finish kurang dari 1 detik.

Bukan hanya dari segi bobot dan kekuatan baterai untuk membuat mobil tersebut melesat sangat jauh. Mobil tersebut memiliki berat 140 kg dengan menggunakan serat karbon dan sarang lebah aluminium sehingga berhasil mengeluarkan daya sebesar 240 kW atau sekitar 326 HP melalui empat motor hub dan powertrainnya.

Baca Juga: Supaya Tak Kecewa Beli Smartphone Baru, Wajib Simak Tujuh Spesifikasi Fitur Berikut

Mobil ini juga menggunakan sistem kipas vakum yang menyedot ke tanah. Hal ini menciptakan downforce yang cukup besar bahkan pada saat berhenti sehingga membuat mobil sangat stabil di kecepatan berapa pun. Secara psikologis pembalap akan semakin percaya diri di berbagai kondisi permukaan jalan sehingga menyentuh batas maksimal kecepatan.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah