Teknologi Face Recognition Digadang-gadang Gantikan Keyless Entry pada Mobil

- 29 Februari 2024, 16:14 WIB
Ilustrasi teknologi mobil
Ilustrasi teknologi mobil /Pixabay //

WARTA SAMBAS - Evolusi kunci mobil ada empat yaitu di era slot, gembok, anak kunci dan yang saat ini dibilang modern adalah Keyless Entry yakni masuk kendaraan tanpa menggunakan anak kunci.

Tidak lama lagi teknologi Keyless Entry ini akan menjadi usang karena segera digantikan dengan Face Recognition di kaca mobil.

Teknologi Face Recognition sebetulnya juga tidak terlalu baru karena smartphone dan sistem keamanan gedung sudah lama melakukannya, hanya saja di mobil masa depan menjadi satu cara yang menurut pembuatnya lebih aman, praktis dan efesien dibanding jenis kunci sebelumnya.

Genesis GV60 menjadi mobil pertama di dunia yang menggunakan teknologi Face Connect dan Fingerprint Authentication System atau sistem keamanan pengenalan wajah dan sidik jari lewat kaca mobil untuk membuka pintu, menghidupkan mobil serta menguncinya kembali.

Baca Juga: Desainer Produk asal Jepang Ini Ciptakan Skuter Listrik Terbuat dari Sampah Botol Plastik

Cara kerja teknologi ini adalah ketika seseorang menyentuh handle pintu sebuah kamera segera aktif menganalisis wajah termasuk kontur dan tanda wajah tertentu (ciri khas) kemudian langsung menentukan apakah orang itu adalah pemiliknya atau bukan.

Untuk membuat sistem ini lebih maksimal Genesis juga melengkapinya dengan kemampuan untuk melakukan pra-registrasi dan mengenali beberapa profil, sehingga keluarga yang menggunakan satu kendaraan dapat menggunakan fitur pengenalan wajah dengan lebih dari satu pengemudi.

Fitur lain yang akan menjadi standar mobil masa depan adalah Face Connect yakni semua fitur di dalam interior mobil termasuk kaca spion akan menyesuaikan pengaturan pengemudinya ataupun secara individual seperti menyesuaikan posisi kursi pengemudi, semburan AC, kaca spion dan pengaturan infotainment berdasarkan preferensi individual.

Baca Juga: Ini Respons Angger Dimas saat Saksikan Rekonstruksi Kematian Anaknya, Dante

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah