Israel 2 Hari Lancarkan Serangan Udara ke Jalur Gaza Palestina, Ini Respon Hamas

- 18 Juni 2021, 20:09 WIB
Israel 2 Hari Lancarkan Serangan Udara ke Jalur Gaza Palestina, Ini Respon Hamas
Israel 2 Hari Lancarkan Serangan Udara ke Jalur Gaza Palestina, Ini Respon Hamas /Twitter/@AJEnglish/

WARTA SAMBAS – Israel yang baru saja berganti Perdana Menteri (PM) dari Benjamin Netanyahu ke Naftali Bennet, mengakhiri gencatan senjata yang disepakati pada Jumat 21 Mei 2021 lalu, dengan melakukan serangan udara ke Jalur Gaza Palestina.

Serangan udara Israel ke Jalur Gaza Palestina tersebut berlangsung sepanjang Rabu 16 Juni 2021, beberapa hari setelah pelantikan Naftali Bennet. Kemudian dilanjutkan kembali pada Kamis 17 Juni 2021 malam.

Tindakan Israel ini diklaim sebagai balasan atas ulah warga Palestina yang membakar ban pada malam hari dan meluncurkan pembakar dan peledak ke kawasan pemukim Israel di luar Jalur Gaza.

Sementara itu, warga Palestina melakukan hal tersebut sebagai respon atas pembatasan-pembatasan yang dilakukan pemukim Israel selama masa gencatan senjata.

Baca Juga: AJAIB, Ratusan Rudal Israel Gagal Meledak di Jalur Gaza Palestina

Serangan udara Israel kali ini diduga menyasar titik-titik pelatihan Hamas. Namun hal tersebut belum terkonfirmasi, termasuk kerusakan yang diakibatkannya.

Menanggapi serangan udara tersebut, Hamas pun mengingatkan Israel segera untuk menghentikan hal tersebut termasuk pelanggaran terhadap warga Palestina di Yerusalem yang memicu eskalasi pada Mei 2021 lalu.

Anehnya, Hamas nampak tidak berniat untuk membalas serangan udara Israel kali ini. Padahal hal tersenyata nyata sebagai bentuk pelanggaran terhadap gencatan senjata antara keduanya.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Hamas, Hazem Qassem, serangan udara yang dilakukan Israel ke Jalur Gaza itu hanya upaya gagal untuk menghancurkan soliditas warga Palestina.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah