Penerima BLT BPNT, Cek Nama Anda dtks.kemensos.go.id

- 6 Februari 2021, 06:00 WIB
Hanya dengan NIK dan KTP Masyarakat Bisa Manfaatkan BLT BPNT Rp200 Ribu, Begini Penjelasannya
Hanya dengan NIK dan KTP Masyarakat Bisa Manfaatkan BLT BPNT Rp200 Ribu, Begini Penjelasannya /Shammil Fachrial Suryapraja/

WARTA SAMBAS – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menjamin kebutuhan masyrakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Saat ini sejumlah bantuan sosial (bansos) akan segera dialokasikan seperti BLT Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu.

Presiden RI Joko Widodo resmi memberikan program bansos kepada masyarakat, bahkan tidak tanggung-tanggung menyediakan tiga program bansos yaitu BLT BPNT, Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BLT Program Keluarga Harapan (PKH) pada Senin 4 Januari 2021.

Baca Juga: RAMALAN Zodiak 6 Februari 2021: Virgo Bakal Mendapatkan Informasi Berguna untuk Pekerjaan

Anggaran yang disediakan pemerintah Indonesia sebesar Rp 45,12 triliun untuk BLT BPNT, dengan capaian penyaluran untuk 18,8 juta penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dilansir dari Antara, Selasa 2 Februari 2021, Joko Widodo berharap dengan adanya BLT BPNT dan bansos lainnya mampu menunjang kebutuhan sadang dan pangan masyarakat kalan menghadapi situasi pandemi. Selain itu program bansos juga termasuk efektifitas dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 dan diharapkan jadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional dan memperkuat daya beli masyarakat sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional meningkat dan membaik," kata Presiden Jokowi.

Sebagai penerima bansos, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai KPM harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

Sebagaimana diberitakan wartasambasraya.pikiran-rakyat.com dikutip dari fixindonesia.pikiran-rakyat.com, dalam artikel "Cek NIK KTP untuk Dapat Cairkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Bulan Februari 2021", Kamis 4 Februari 2021, untuk informasi terkait data penerima BLT BPNT di DTKS, masyarakat hanya perlu mengikuti langkah dibawah, seperti berikut :

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: fixindonesia.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x