Ironi…Tools Pemantau Penggunaan Bansos 2021 Tersedia Satu Bulan Setelah Awal Pencairan

- 30 Desember 2020, 18:34 WIB
Ilustrasi bansos 2021
Ilustrasi bansos 2021 /Antara

 

WARTA SAMBAS – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah memastikan Bantuan Sosial (Bansos) 2021 mulai disalurkan ke seluruh Indonesia pada pekan pertama Januari. Anehnya, tools atau alat untuk memantau penggunaannya tersedia satu bulan setelahnya.

“Kami akan pantau, karena Insya Allah bulan Februari kami juga akan menyediakan tools atau alat untuk kami mengetahui uang bantuan itu dibelanjakan untuk apa saja,” kata Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos) RI, seperti diberitakan Pikiranrakyat-Depok.com dalam artikel berjudul “Kemensos akan Siapkan Alat untuk Awasi Penerima Bantuan dalam Membelajakan Uang Bansos 2021”, Rabu 30 Desember 2020.

Tri Rismaharini atau karib disapa Risma memastikan, Kemensos RI akan mengontrol pembelian menggunakan dana Bansos 2021 tersebut. “Kami akan buat edaran belanja apa saja yang bisa digunakan,” tuturnya.

Baca Juga: Cara Daftar Jadi Penerima Bansos 2021, Cekidot…

Selain tools tersebut, Kemensos juga akan memperbaharui mekanisme Bansos 2021 supaya lebih mudah. Namun detail untuk melakukannya juga mulai Februari 2021.

Risma berharap dengan mekanisme baru tersebut, akan ada feedback dari penerima Bansos 2021 berupa laporan. Guna mencegah adanya potongan dana dari oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan sendiri.

“Bukan hanya kami berikan bantuan, tapi ada pelaporan juga untuk penerima bantuan. Sehingga kami harapkan tidak ada lagi yang berusaha memotong. Karena laporan-laporan itu akan masuk ke kami di dalam proses setiap penerimaan bantuan kepada para penerima bantuan,” papar Risma.

Baca Juga: Bansos 2021 Cair 4 Januari, Risma: Kita Tidak Ada Libur

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x