Wajib Tahu, Berikut Sejarah Olahraga Futsal

- 5 Maret 2021, 07:30 WIB
Timnas Futsal Indonesia U-20 menunjukkan performa meyakinkan di ajang turnamen AFC U-20 Futsal Championship 2017
Timnas Futsal Indonesia U-20 menunjukkan performa meyakinkan di ajang turnamen AFC U-20 Futsal Championship 2017 /pssi.org/


WARTA SAMBAS – Siapa yang tidak tahu olahraga futsal, kini olahraga futsal merupakan salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan di setiap daerah di Indonesia.

Futsal merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim, dan masing-masing tim beranggotakan lima pemain.

Asal usul kata futsal berasal dari dua kata dalam bahasa Spanyol, yaitu Futbol memiki arti sepak bola dan Sala artinya dalam ruangan.

Hapir sama seperti olahraga sepak bola, olahraga futsal dimainkan di dalam ruangan (Indoor) sedangkan sepak bola dimainkan di luar ruangan (Outdoor).

Baca Juga: Langgar Kode Etik, Ketua dan Tiga Anggota KPU Provinsi Papua Dipecat

Perlu diketahui, sejarah futsal berawal pada tahun 1930 yang dikenalkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay.

Meskipun sekilas mirip permainan sepak bola, perbedaan yang paling mencolok yaitu jumlah pemain sepak bola 11 orang sedangkan futsal hanya lima orang.

Permainan futsal memiliki keterampilan yang dikembangkan oleh para pemain Brasil dengan gaya mereka sendiri, salah satunya pemain bintang sepak bola terkenal asal Brasil yaitu Pele yang mengembangkan bakatnya dari futsal.

Tidak hanya Pele, banyak pemain tim nasional Brasil yang memulai berlatih dan berkarir dari futsal, di antaranya adalah pemain termahal dunia saat ini Neymar Junior.

Halaman:

Editor: Suryadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x