Jelang Ramadan, Pemerintah Harus Pastikan Distribusi Kebutuhan Pokok Lancar

- 12 Maret 2022, 15:48 WIB
Stok kebutuhan pokok, terutama produk olahan pangan semestinya dapat ditingkatkan jelang Ramadan dan Idulfitri 2022./Foto: ilustrasi
Stok kebutuhan pokok, terutama produk olahan pangan semestinya dapat ditingkatkan jelang Ramadan dan Idulfitri 2022./Foto: ilustrasi /Kemenkeu.go.id/

WARTA SAMBAS - Stok kebutuhan pokok, terutama produk olahan pangan semestinya dapat ditingkatkan jelang Ramadan dan Idulfitri 2022.

Lantaran kondisi cuaca atau iklim jelang Ramadan dan Idulfitri pada dasarnya sangat memungkinan untuk mengoptimalkan produksi olahan pangan.

Kalaupun terjadi kelangkaan produk-produk tertentu jelang Ramadan dan Idulfitri, lebih karena distribusi yang tidak normal.

"Kalau langka, berarti sisi distribusinya dipermainkan oknum-oknum tertentu," kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di sela soft launching Agroeduwisata Faperta Untan Pontianak, Sabtu 12 Maret 2022.

Baca Juga: Kemendag Minta Daerah Perhatikan Stok dan Stabilitas Harga 3 Kebutuhan Pokok Ini..

Menurut Suriansyah, oknum-oknum yang mempermaikan distribusi kebutuhan pokok tersebut bisa saja pedagang besar, kecil atau bahkan eceran.

"Pemerintah tentunya harus dapat mengatasi hal ini untuk mengantisipasi kelangkaan. Apalagi ada TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah)," kata Suriansyah.

Kalau memang terjadi penyimpangan dalam distribusi kebutuhan pokok jelang Ramadan Idulfitri, kata Suriansyah, aparat penegak hukum harus bertindak tegas.

"Jangan sampai ada pihak yang bermain, memanfaatkan kepanikan masyarakat yang kebutuhannya meningkat, hanya untuk kepentingan sesaat," ingat Suriansyah.

Halaman:

Editor: Mordiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x