Harga Jagung Tembus Rp8.000 per Kg, Pemerintah pun Siapkan 30.000 Ton dan Dijual Rp4.500 per Kg ke Peternak

- 30 September 2021, 19:48 WIB
Hingga kini harga jagung untuk pakan ternak terus meroket, tembus Rp8.000 per Kg. Sehingga pemerintah melakukan intervensi supaya sesuai HAP yakni Rp4.500 per Kg di tingkat peternak.
Hingga kini harga jagung untuk pakan ternak terus meroket, tembus Rp8.000 per Kg. Sehingga pemerintah melakukan intervensi supaya sesuai HAP yakni Rp4.500 per Kg di tingkat peternak. /Pixabay/Mute_gemini

WARTA SAMBAS - Hingga kini harga jagung pakan ternak terus meroket, tembus Rp8.000 per Kg untuk broiler dan Rp7.500 per Kg untuk layer.

Mahalnya harga jagung pakan ternak ini mendorong Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) dan Kementerian BUMN untuk melakukan intervensi pasar.

Kemendag RI dan Kementerian BUMN menugaskan Perum Bulog untuk melakukan pengadaan 30.000 ton dan menjualnya ke peternak dengan harga jagung Rp4.500 per Kg.

Seperti diketahui, harga jagung Rp4.500 per Kg di tingkat peternak tersebut sesuai dengan Harga Acuan Pemerintah (HAP) yang diatur dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2020.

Baca Juga: Bengkayang Dicanangkan Jadi Sentra Jagung Kalbar, Florentinus Anum: Berikutnya Sambas, Landak dan Sanggau

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI Oke Nurwan mengatakan, pengadaan jagung pakan ini menggunakan mekanisme Cadangan Stabilitas Harga Pangan (CSHP).

Oke Nurwan mengatakan, ini merupakan langkah intervensi pemerintah atas harga jagung yang fluktuatif dan jauh melampaui HAP.

"Bulog tidak ada cadangan jagung pemerintah, sehingga begitu ditugaskan intervensi ke peternak seharga Rp4.500 per Kg, Bulog harus cari-cari dulu," jelas Oke Nurwan, seperti WARTA SAMBAS dari ANTARA, Kamis 30 September 2021.

Baca Juga: Jagung Bisa Menyehatkan Jantung, Cek Manfaat Lainnya di Sini...!!!

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x