Edhy Prabowo Sebut-sebut Jokowi dan Prabowo Subianto dalam Pledoinya

- 10 Juli 2021, 13:30 WIB
Edhy Prabowo Sebut-sebut Jokowi dan Prabowo Subianto dalam Pledoinya
Edhy Prabowo Sebut-sebut Jokowi dan Prabowo Subianto dalam Pledoinya /Instagram/Berbagai sumber

WARTA SAMBAS – Edhy Prabowo, eks Menteri Kelautan dan Perikanan yang menjadi terdakwa korupsi ekspor Benih Bening Lobster (BBL), menyebut-nyebut nama Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dalam pledoinya.

Ia membacakan nota pledoi atau pembelaannya itu dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) yang tersambung secara online dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat 9 Juli 2021

Dalam pledoinya itu, Edhy Prabowo menyampaikan permohonan maaf secara khusus kepada Jokowi dan Prabowo Subianto. “Yang selama ini telah memberikan amanah atau kepercayaan kepada saya," katanya, seperti dikutip WARTA SAMBAS dari ANTARA, Sabtu 10 Juli 202.

Selain kepada Jokowi dan Prabowo Subianto yang kini menjadi Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo juga meminta maaf kepada para pimpinan, staf dan seluruh pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah merasa terganggu dengan adanya perkara ini.

Baca Juga: Edhy Prabowo Dituntut 5 Tahun Penjara dan Denda Rp400 Juta plus Pencabutan Hak Dipilih Jadi Pejabat Publik

Dalam perkara ini, Edhy Prabowo dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp400 juta subsider 6 bulan kurungan ditambah dengan kewajiban membayar uang pengganti Rp9.687.447.219 dan 77 ribu Dolar AS subsider 2 tahun penjara.

Edhy Prabowo dinilai terbukti menerima 77 ribu Dolar AS dan Rp24.625.587.250. Sehingga totalnya mencapai sekitar Rp25,75 Miliar dari para pengusaha pengekspor BBL terkait pemberian izin budidaya dan ekspor.

Selain menyampaikan permohonan maaf kepada pihak terkait, Edhy Prabowo juga mengaku saat ini sedang menanggung beban yang berat. "Saya sampaikan bahwa pada saat ini saya sudah berusia 49 tahun, usia di mana manusia sudah banyak berkurang kekuatannya untuk menanggung beban yang sangat berat,” katanya.

Beban berat karena perkara ini juga berimbas pada anak dan istrinya. “Ditambah lagi saat ini saya masih memiliki seorang istri yang saleha dan 3 orang anak yang masih membutuhkan kasih sayang seorang ayah," ucap Edhy Prabowo.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah